Amankan Nataru, 177.212 Aparat Gabungan Disiagakan di Ribuan Pos

Amankan Nataru, 177.212 Aparat Gabungan Disiagakan di Ribuan Pos
Pengecekan pasukan untuk mengamankan nataru tahun 2021.

NUNUKAN, info terkini – Seratus lebih aparat gabungan disiapkan dalam mengamankan natal dan tahun baru (Nataru) nanti. Kesiapan itu ditandai dalam upacara gelar pasukan Operasi Lilin 2021 yang dipimpin langsung Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto, pada Kamis (23/12/2021).

Dalam operasi lilin 2021 ini, AKBP Ricky meminta untuk tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Sebab, kata dia, perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia, khusnya di Kabupaten Nunukan untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi. 

"Ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penyebaran pandemi Covid-19," jelasnya. 

Oleh karena itu, kata dia, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku  kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 103.188 personel Polri, 19.017 personel TNI, serta 55.007 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 19.464 Pos Pengamanan dan 1.082 Pos Pelayanan.
Ada beberapa penekanan Operasi Lilin-2021, Pertama, jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Ketiga, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan- rekan adalah wujud representasi negara di tengah- tengah masyarakat.

Keempat, lengkapi sarana dan prasarana di pospam dan posyan, mulai dari tempat isolasi sementara, aplikasi peduli lindungi, gerai vaksinasi, pos pelayanan kesehatan, pengecekan swab antigen, panel data informasi, dan inovasi pelayanan lainnya.

Kelima, dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi.

Keenam, kawal dan awasi betul aktivitas masyarakat di titik-titik obyek vital den  mengedepankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan).

Ketujuh, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Hadir dalam kegiatan Wakapolres Nunukan ( Kompol Edy Budiharto, SH ), Kasdim 0911 / Nunukan ( Mayor Inf. AD. Susanto ), Danpos AU Nnk letda Sus Ahmad Fauzi, Dansubden POM AD Nunukan ( Letda PM Catur Kurniawan Putra ), Danki Brimob Nunukan ( Ipda Riyanto ), Perwakilan Satpol PP Nunukan ( Rohadiansyah ), Perwira Polres Nunukan, Senkom Mintra Polri ( Sudarno ) dan Perwakilan Jasa Raharja.

Pasukan upacara terdiri dari 1 pleton Perwira Polres Nunukan, 1 pleton gabungan POM AD dan POM AL, 1 pleton Kodim 0911 / Nunukan, 1 pleton Brimob Nunukan, 1 pleton gabungan Staf Polres Nunukan, 1 pleton Sat. Lantas Polres Nunukan, 1 pleton Sat. Samapta Polres Nunukan, 1 pleton gabungan Reskoba, Reskrim dan Intelkam,1 pleton Satpol PP Nunukan dan 1 regu Senkom Mitra Polri.(ITn)