'Damai' Daftar ke KPU, Rahman: Semua Berkas Sudah Lengkap, Tapi Diverifikasi Lagi

'Damai' Daftar ke KPU, Rahman: Semua Berkas Sudah Lengkap, Tapi Diverifikasi Lagi
Ketua KPU Nunukan Rahman (kanan) saat menerima berkas pendaftaran yang langsung diserahkan bakal calon bupati Nunukan, H Danni Iskandar (kiri), Sabtu (5/9/2020)

NUNUKAN - Setelah hari pertama tidak ada pendaftar, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Nunukan akhirnya menerima satu pendaftar calon bupati dan wakil bupati di hari kedua, Sabtu (5/9/2020) siang. Mereka merupakan pasangan bakal calon Danni - Nasir yang mengusung slogan 'Damai'.

Ketua KPU Nunukan, Rahman mengatakan dari berkas pasangan Danni - Nasir ini, untuk sementara sudah lengkap semuanya. "Cuman, apakah itu memenuhi persyaratan atau tidak, kita verifikasi dulu oleh teman-teman di kpu. Kalau itu memenuhi syarat dan kelengkapan calon maka masuk ke tahap perbaikan. Termasuk ada tangapan masyarakat," ujarnya.

Hanya saja dia mengaku dalam pendaftaran ini Danni tidak ditemani oleh wakil, Nasir. Hal itu dikarenakan Nasir dalam kondisi tidak enak badan atau sakit.
"Jadi wakilnya tidak hadir karena sakit. Memang begitu prosedurnya, dengan pemberitahuan ke kita bahwa satu calon berhalangan karena sakit. Bisa satu calonnya yang datang, tidak ada masalah," terangnya.

Namun bagaimana tes kesehatan yang akan dilakukan bagi bakal calon bupati dan wakil bupati? Rahman menjelaskan dalam aturan memang tidak boleh direkomdasikan jika dalam sakit.

"Nanti dia sembuh baru kita keluarkan rekomendasi. Karena pemeriksaan kesehatan, dalam aturan tidak ada mengatur batasan sampai kapan. Artinya, jika sudah sembuh baru tes kesehatannya," ujarnya. 

Untuk semua calon nantinya, kata dia, wajib menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan. Hal ini berdasarkan aturan baru, rumah sakit yang nantinya dijadikan tempat pemeriksaan calon minimal tipe A. Namun jika tidak ada rumah sakit tipe A, maka bisa menggunakan tipe B.

"Pemeriksaan nanti sampai tanggal 11 September. Tapi, kalau sakit walaupun sudah lewat tahapan tetap diperbolehkan," bebernya.

Sementara itu, Bakal Calon Bupati Nunukan, H Danni Iskandar mengatakan ketidakhadiran wakilnya dalam pendaftaran di KPU dikarenakan sedang sakit. "Kita berdoa saja, semoga beliau lekas sembuh dan kembali berjuang bersama-sama untuk memenangkan 'Damai'" ujarnya.(*)