Danni-Nasir Bakal Gratiskan Internet, Dukung Transparansi dan Partisipasi Masyarakat

Danni-Nasir Bakal Gratiskan Internet, Dukung Transparansi dan Partisipasi Masyarakat

TRANSPARANSI akan dilakukan Haji Danni Iskandar- Muhammad Nasir dalam pemerintahan yang dipimpinnya, jika kelak dipercaya rakyat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nunukan.

“Pemerintahan yang berintegritas hanya bisa diwujudkan kalau didukung dengan sikap transparan dan secara partisipatif melibatkan masyarakat dalam pembangunan,” ujar Danni, Selasa (13/10/2020).

Transparansi dimaksudkannya, salah satunya diimplementasikan melalui pelayanan online terintegrasi. 

Nantinya, masyarakat bisa memantau secara online proses penganggaran. Sehingga, jika ada anggaran yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat, mereka bisa mengkritisinya. Tak hanya itu, laporan realisasi anggaran juga disajikan secara online. Sehingga jika ditemukan indikasi penyimpangan, masyarakat bisa langsung melaporkan kepada aparat berwenang. 

“Informasi keuangan, apa yang kami kerjakan selama menjabat, semua bisa diakses masyarakat,” ujar calon yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Bulan Bintang serta didukung PKPI dan Partai Amanat Nasional ini.

Masyarakat juga bisa secara partisipatif menyampaikan usulan pembangunan melalui musrenbang online. Mereka bisa menyampaikan usulan tanpa harus hadir pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).
“Dan mereka bisa memantau, sejauhmana tindaklanjut usulannya?” katanya.

Fasilitas pelayanan lainnya yakni respon cepat layanan dan keluhan masyarakat. “Kedepan kami akan membentuk unit reaksi perbaikan jalan utama yang rusak. Masyarakat bisa menyampaikan informasi jalan utama yang rusak secara online. Keluhan lain juga bisa disampaikan secara online. Kami akan merespon secepatnya,” ujar mantan Ketua DPRD Kabupaten Nunukan.

Informasi lainnya yang akan disampaikan secara transparan menyangkut data penduduk miskin, bursa kerja online, perizinan serta berbagai informasi pemerintahan daerah.

“Sudah saatnya pemerintahan ini berjalan secara transparan. Jika transparan, masyarakat terlibat, selain kita memastikan pemerintahan berjalan sesuai keinginan rakyat, kita juga bisa meminimalisir penyimpangan dengan pengawasan yang dilakukan langsung masyarakat,” ujarnya. 

Dia menyebutkan, percuma membuat jargon- jargon semu, seperti akan menjalankan pemerintahan sesuai keinginan rakyat. 

“Sementara pemerintah tidak memberikan saluran memadai kepada rakyat untuk menyampaikan keinginannya kepada pemerintah,” katanya.

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan ini tidak lain untuk meningkatkan pelayanan publik dengan menanamkan nilai- nilai integritas dalam tata kelola pemerintahan.

“Transparansi merupakan salah satu aktualisasi nilai- nilai integritas untuk membangun pemerintahan yang partisipatif melalui penglibatan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan secara modern,” katanya.

Misi yang dilakukan Danni- Nasir ini sekaligus menjawab kesulitan masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan.

“Belum semua masyarakat bisa terlibat musrenbang. Kalaupun terlibat, usulan mereka sudah sejauh mana, mereka tidak tahu. Masyarakat juga tidak tahu, digunakan untuk apa saja uang triliunan setiap tahun? Ini karena kita belum transparan,” ujarnya.

Untuk mendukung pelayanan online dimaksud, pihaknya akan mengadakan internet yang bisa diakses gratis oleh masyarakat.

“Kami akan jadikan seluruh kantor pemerintah daerah dan desa menjadi hotspot internet gratis bagi seluruh masyarakat,” ujarnya(*)