Ini Jumlah dan Ukuran APK yang Difasilitasi KPU, Rahman : Paslon Diberikan Leluasa Cetak Mandiri

Ini Jumlah dan Ukuran APK yang Difasilitasi KPU, Rahman : Paslon Diberikan Leluasa Cetak Mandiri
Kantor KPU Nunukan.

NUNUKAN - KPU Nunukan akhirnya menyepakati ukuran dan jumlah baleho, umbul-umbul serta spanduk yang nantinya akan difasilirasi oleh KPU untuk setiap paslon.

Ketua KPU Nunukan, Rahman mengatakan untuk baleho dari ukuran maksimal 4*7 meter namun disepakati 3*5 meter. Itu ada sebanyak 5 baleho untuk satu paslon. Jika dua paslon maka KPU menyiapkan 10 baleho untuk tingkat Kabupaten Nunukan. 

Lalu, ada 10 umbul-umbul dengan ukurab 1*3,5 meter untuk per kecamatan. Ini pun untuk satu paslon. Jika dua paslon maka KPU nenyiapkan 20 umbul-umbul di setiap kecamatan. Jika di kalikan 21 kecamatan di Kabupaten maka KPU menyiapkan sebanyak 210 umbul-umbul. 

Untuk spanduk, satu paslon mendapatkan satu spanduk setiap desa/kelurahan dengan ukuran  1,5*4 meter. Artinya, jika satu paslon dengan 240 desa di Kabupaten Nunukan maka satu paslon diberikan 240 spanduk dan jika dua paslon diberikan 480 spanduk.

Kemudian selembaran ukuran 8,25 centimeter. Itu ada 7.500 untuk satu paslon dan jika dua paslon maka ada 15.000 selembaran. Kemudian brosur (leaflet) ukuran 21*29,7 sentimeter. Jumlahnya juga sama 7.500 untuk satu paslon dan jika dua paslon ada 15.000 brosur diberikan. 

Selain itu, ada pamflet dengan ukuran 21*29,7 sentimeter. Jumlahnya ada 750 untuk satu paslon dan jika dua paslon ada 1.500 pamflet. Terakhir, poster ukuran 40*60 sentimeter sebanyak 750 satu paslon dan 15000 untuk dua paslon. 

"Kalau nilai anggaran tergantung nanti berapa lelangnya. Jadi, KPU yang memfasilitasi untuk APK. Nanti diberikan kepada paslon untuk dipasang," terangnya. 

Rahman mengatakan dalam PKPU terbaru, paslon diberikan leluasa untuk mencetak alat peraga kampanye (APK) hingga 200 persen dari jumlah APK yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan.

Contoh, kata dia, jika KPU menfasilitasi 5 baleho maka paslon bisa mencetak secara mandiri hingga 10 baleho. Bahkan, penempatan baleho yang cetak mandiri pun bisa dilakukan dimana saja, namun harus memiliki ijin dari pemilik lahan atau rumah.

"Asal pemasangannya bukan dititik yang sama yang sudah disiapkan pemerintah. Jadi, APK mandiri tergantung dari mereka mau ditempatkan dimana asal bukan di tempat pendidikan, kesehatan pasilitas publik dan sebagainya yang dilarang," bebernya.(*)