KPU Catat Dukungan Hafid Ada 28.300, Nunukan Terbanyak

KPU Catat Dukungan Hafid Ada 28.300, Nunukan Terbanyak
Ilustrasi

NUNUKAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan mencatat ada sekitar 28.300 dukungan H Abdul Hafid Achmad-Makinun Amin yang nantinya akan di verifikasi faktual (Verfak) pada tanggal 24 Juni hingga tanggal 12 Juli 2020 nanti.

Ketua KPU Nunukan, Rahman mengatakan dukungan ini sudah sesuai dengan data yang diserahkan dari KPU Provinsi Kaltara. "Sebaran dukungan terbanyak berada di Pulau Nunukan. Itu, kalau tidak salah, lebih 10 ribu dukungan," terangnya, Kamis (25/6/2020).

Untuk sebaran dukungannya, kata Rahman berada di 174 desa dari 240 di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan. "Data inilah yang nanti kita akan lakukan verfikasi faktual di lapangan," ungkapnya.

Dalam verfak ini, lanjut Rahman, pihaknya meminta kepada calon pendukung untuk menyiapkan tiga hal. Yakni, menyiapkan KTP Elektroniknya atau surat keterangan (Suket), menggunakan masker, dan menyiapkan alat tulis sendiri untuk melakukan tandatangan nantinya.

"Karena kenapa? Nanti, kita akan memberikan semacam form jika pendukungnya menyatakan tidak mendukung," ujarnya.

Memang, diakuinya, merujuk dalam PKPU jika yang berangkutan menyatakan tidak mendukung dan tidak ingin mendatangani form pernyataan tidak mendukung, maka tetap dianggap sah.

"Kenapa? Karena kita berbicara administrasi pak. Kan, banyak seperti ini menyatakan mendukung tapi ketika diverifikasi tidak malah menjawab tidak mendukung," tuturnya.

Lanjut dia, dalam melakukam verifikasi faktual ini, komunikasi dan kordinasi yang paling penting. Sehingga, kata dia, tidak ada yang perlu ditutup-tutupi.

"Kita juga meminta perwakilan dari calon untuk ikut. Karena, misalnya, nanti ada pendukung yang tidak ditemukan, kan bisa kordinasi dengan perwakilan calonnya," ujarnya.(*)