Kunjungi Kampung Trengginas, Kapolda Minta Masyarakat Disiplin Prokes

Kunjungi Kampung Trengginas, Kapolda Minta Masyarakat Disiplin Prokes
Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit saat mengunjungi sekaligus melihat kesiapan kampung Trengginas di Nunukan Tengah, Minggu (21/6/2020)

NUNUKAN - Selain mendatangi Kodim 0911/NNK, Kapolda Kaltara Irjen Pol Drs. Indrajit SH bersama Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Suratno SIP juga mengunjungi kampung Trengginas yang dibentuk di Nunukan Tengah, sekira pukul 11.00 WITA, Minggu (21/6/2020).

Kapolda menjelaskan di Kabupaten Nunukan setidaknya ada dua kampung Trengginas yang dibentuk yakni di pulau Nunukan dan Pulau Sebatik. Sementara tujuan kampung Trengginas ini untuk membimbing masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan (Prokes) dengan benar. Selain itu, kata dia, juga menjadi langka awal dalam menerapkan new normal atau kehidupan baru.

"Kampung Trengginas ini program untuk mencegah penyebaran covid-19 dan menanggulangi dampak covid-19. Karena dalam pencegahan kita harus memulai dari bawah. Dan, semua desa-desa atau kampung harus melakukan hal yang sama," terang.

Lanjut dia, untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 dimulai dari kedisplinan masyarakat dalam menerapkan dan menjalan protokol kesehatan. "Kita berharap Kampung Trengginas ini diharap kan mampu bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat," bebernya.

Sementara di kampung Trengginas ini, kata dia, berisi semua informasi mengenai Covid-19. Sehingga masyarakat dengan mudah bisa paham pencegahan Covid-19 serta tata cara protokol kesehatan. "Kampung Trengginas ini kita bentuk di setiap kabupaten/kota. Jadi, tidak hanya di Nunukan saja namum Tarakan, Bulungan, Malinau, KTT juga kita bentuk," bebernya. 

Mengenai kehidupan normal sendiri, kata dia, tidak ada yang berbeda. Hanya saja, kata dia, harus menerapkan protokol ksehatan. "Jadi, jangan terlalu panik. Jika kita biasanya berbicara tidak masker, nah di new normal harus gunakan. Hindari kerumunan. Jaga jarak dan rajin cuci tangan. Karena, kita tidak tahu, apakah terdektesi atau tidak. Saya sendiri tidak tahu terdeteksi atau tidak, makanya gunakan masker. Masyarakat harus berpikir begitu," pungkasnya.(*)