Kunker Perdana ke Sebatik, Kasad Tinjau Pasukan Satgas Pamtas RI - Malaysia

Kunker Perdana ke Sebatik, Kasad Tinjau Pasukan Satgas Pamtas RI - Malaysia
Jenderal TNI Dudung didampingi bupati Nunukan saat berkunjung ke pulau Sebatik.

NUNUKAN – Setelah resmi dilantik menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja di Pulau Sebatik Kab. Nunukan. 

Kasad TNI beserta rombongan menggunakan Pesawat Heli Bell dan disambut langsung oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Anggota DPRD Kab. Nunukan, serta unsur Forkopimda Kab. Nunukan di lapangan pos Aji Kuning Kec. Sebatik Tengah, Kamis (06/01)

Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengawali kunjungannya di SDN 006 Aji Kuning dan SMP 1 Sebatik Tengah. Dalam kesempatan itu KASAD juga meninjau langsung proses vaksinasi yang dilaksanakan di SD 006 kemudian dilanjutkan dengan penyerahkan bantuan berupa peralatan komputer, tas dan alat sekolah, serta perlengkapan olah raga. 

Setelah itu kunjungan dilanjutkan menuju Pos Aji Kuning Satgas Pamtas Yon Armed 18/Komposit RI - Malaysia. Saat peninjauan Pos, Kasad TNI memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit Satgas Pamtas Yon Armed 18/K.

Kasad TNI menyampaikan bahwa kunjungan kerja yang dilaksanakan ini bertujuan untuk melihat kondisi para prajurit yang sedang melaksanakan tugas di perbatasan Kalimantan Utara.

"Saya ingin melihat bagaimana kondisi prajurit saya, baik dari segi personel, segi materil, termasuk dari pelaksanaan tugas. Tentunya saya tidak ingin ada prajurit-prajurit saya yang kekurangan baik masalah materil di dalam melaksanakan tugas-tugasnya," jelasya.

"Ada beberapa penekanan yang saya sampaikan kepada para prajurit bahwa tingkatkan profesionalisme, kemudian selama melaksanakan tugas disini tetap laksanakan tugas karena kehormatan kalian disini adalah kehormatan Negara, kehormatan satuan yang harus  kalian pegang teguh karena kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi bangsa Indonesia adalah harga mati tidak bisa diganggu gugat.” ujarnya.

Jenderal TNI Dudung juga menekankan kepada para pasukan bahwa solidaritas TNI/Polri dan Pemerintah Daerah perlu dijaga sehingga TNI AD, kepolisian, termasuk Marinir TNI AL merupakan garda terdepan dan benteng terakhir yang harus menjaga kedaulatan Bangsa dan Negara.  Kemudian agar membantu Pemerintah Daerah dalam kegiatan Vaksinasi yang sudah dicanangkan.

Menurutnya TNI AD harus hadir di tengah-tengah masyarakat sekecil apapun permasalahan dan kesulitan rakyat,  dan menjadi solusi dari kesulitan-kesulitan rakyat serta dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang di hadapi oleh rakyat.

Terakhir Kasad TNI berpesan kepada seluruh pasukan untuk tetap semangat, jaga kesehatan karena tugas ini adalah tugas mulia demi bangsa dan negara. (frokompim)