Lanal Nunukan Gelar Sejumlah Kegiatan di HUT Armada RI, Salah Satunya Ratusan Pohon Mangrove di Tanam

Lanal Nunukan Gelar Sejumlah Kegiatan di HUT Armada RI, Salah Satunya Ratusan Pohon Mangrove di Tanam
Proses penanaman mangrove di pesisir Mako Lanal Nunukan, Sabtu (4/12/2021)

NUNUKAN - Ratusan bibit pohon mangrove ditanam di pesisir Markas Komando (Mako) Lanal Nunukan, Sabtu (4/12/2021) pagi.

Penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian kegiatan Lanal Nunukan untuk memperingati HUT Armada RI tahun 2021. Tema tahun ini adalah Pengawal Samudra untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju.

Setidaknya ada kurang lebih 600 bibit pohon mangrove yang ditanam bersama Pemkab Nunukan, TNI-Polri, anak pramuka dan instansi vertikal lainnya. 

Komandan Lanal Nunukan, Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto mengungkapkan penanaman mangrove ini merupakan salah satu upaya reboisasi atau penghijauan yang menjadi program nasional.

"Ini sebagian kecil dari perintah bapak presiden yang meminta melaksanakan penghijauan. Karena, beberapa negara lainnya saat ini tengah membahas perubahan iklim," jelasnya.

Dia mengatakan, selain mencegah potensi terjadinya abrasi pada daerah pesisir pantai, penanaman mangrove ini dapat menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitaran bibir pantai. 

"Penanaman mangrove tentunya memiliki manfaat yang banyak, bahkan memberikan dampak positif bagi masyarakat," jelasnya. 

Tak hanya tanam pohon mangrove, di HUT Armada RI, Lanal Nunukan juga memberikan bantuan sosial, ziarah makam pahlawan, touring diikuti pembagian bansos.

"Nah, di tanggal 6 Desember nanti, kita laksanakan upacara. Kemudian, tanggal 7 Desember, kita lakukan khitanan masal di Balai Pengobatan Lanal," ujarnya. 

Terlepas dari berbagai kegiatan HUT tersebut, Lanal Nunukan berkomitmen untuk terus menjaga wilayah perbatasan dari berbagai ancaman.

"Karena, kita dituntut di perbatasan selalu memberikan keamanan masyarakat. Indikatornya, pelanggaran-pelanggaran di perbatasan semakin minim," bebernya. 

Sementara itu, Sekda Nunukan, Serfianus mengungkapkan penanaman mangrove ini tentunua membawa dampak yang positif bagi kelestarian lingkungan maupun masyarakat. "Saya juga mengucapkan selamat HUT Armada RI tahun 2021," bebernya.(ITn)