Melangkah Maju, 'BAPAK TIRI HEBAT' Siap Diluncurkan

Melangkah Maju, 'BAPAK TIRI HEBAT' Siap Diluncurkan

NUNUKAN - Gagasan Proyek Perubahan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Nunukan Sabri, ST.,M.Si terus bergulir dalam proses kesiapannya menuju peluncurannya. 

Sebagai Proyek Perubahan yang digagasnya selaku peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II (PIM II) di LAN Makassar, Sabri menamai Proyek Perubahannya ini dengan nama "BAPAK TIRI HEBAT" ( Akronim dari : Bayar Pajak Tidak Ribet,Hemat Biaya, Akuntabel dan  Transparan). 

Tak sekedar saja, BAPAK TIRI HEBAT ini mengusung perubahan dari kondisi saat ini menuju ke langkah yang lebih baik yaitu merubah pola pembayaran dari manual menjadi digital. Hal itu disampaikan kepada Tim Warta Humas di sela sela kegiatan serah terima jabatan Bupati Nunukan ke Plh. Bupati Nunukan di ruang serbaguna lt. V Kantor Bupati Nunukan, Senin (31/05). 

Menurut Sabri, Aplikasi BAPAK TIRI HEBAT ini berangkat dari kondisi saat ini yang dipandang perlu untuk peningkatan kualitas pelayanan di bidang Perpajakan. 

" Dengan adanya gagasan digitalisasi pembayaran pajak ini ada beberapa hal yang akan dicapai, antara lain pembayaran yang tadinya manual menjadi digital, lalu memudahkan wajib pajak karena tidak perlu repot lagi untuk pergi ke Bank untuk membayar pajaknya, sehingga secara tidak langsung hal ini juga mendukung dengan protokol kesehatan di masa Pandemi", ujar Sabri. 

Untuk mewujudkannya, gagasan ini melibatkan beberapa stakeholder seperti Bank Kaltimtara untuk turut berkolaborasi dan mendukung program ini. 

Selain daripada itu, menurut Sabri tujuan diatas digagasnya proyek perubahan ini adalah upaya untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan perpajakan pada Bapenda Kabupaten Nunukan. 

"Dengan Bapak Tiri Hebat setiap transaksi secara sistem akan dirancang langsung ke kas daerah dengan Laporan Realisasi Anggaran terekam di server secara realtime, sekaligus memudahkan saat pelaporan dan pemeriksaan", tambahnya. 

Sejak awal gagasannya, saat ini BAPAK TIRI HEBAT telah memasuki tahapan (Milestones) ke 5, yakni terwujudnya pelaksanaan pembangunan BAPAK TIRI HEBAT untuk empat jenis pajak daerah. 

Direncanakan aplikasi ini akan segera  diluncurkan antara Bulan Mei atau Juni sehingga masyarakat dapat terlayani dengan lebih maksimal khususnya pada pembayaran 4 jenis pajak, yaitu Pajak Hotel, pajak restoran, pajak Penerangan Jalan, dan pajak Hiburan. (Humas)