Pelayanan Kesehatan di Krayan Juga Butuh Perhatian

Pelayanan Kesehatan di Krayan Juga Butuh Perhatian
Anggota DPRD Nunukan, Welson

NUNUKAN - Minimnya alat kesehatan (Alkes) membuat pelayanan kesehatan di Krayan belum berjalan maksimal. Hal ini diungkapkan anggota DPRD Nunukan dapil Krayan, Welson saat rapat dengar pendapat di ruang Ambalat I DPRD Nunukan, Kamis (18/6/2020).

Welson mengaku sangat miris ketika melihat di Pulau Sebatik terdapat dua puskemas dalam satu kecamatan. Sementara di Krayan yang terdiri dari lima Kecamantan namun hanya dua kecamatan yang memiliki pukesmas yakni Krayan Induk dan Krayan Selatan.

"Apalagi, kondisi saat ini Pandemi. Warga disana sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. Warga kami mau kemana kalau ada yang sakit, nasib baik ada obat herbal yang dicari dihutan, mau ke Malaysia juga masih lockdown," terangnya.

Yang lebih memprihatinkan lagi,  kata dia, banyaknya pustu yang tidak berjalan maksimal. Bahkan, ada beberapa pustu yang hingga beberapa tahun tidak beroperasi lantaran tidak adanya petugas. "Ada juga pustu yang sudah mau roboh. Itu tinggal di digesek kerbau di sana roboh sudah. Seharusnya, pustu itu diberi pagar kawat sehingga tidak ada mengganghmu masuk," pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinkes Nunukan, Hj Musia mengatakan sebenarnya untuk Krayan ini sudah lama diajukan untuk pengadaan alkes. Hanya saja, kata dia, pihaknya terkendala dengan juknis dari pusat.

"Karena mereka mau bangunan satu paket dengan isinya. Itu sudah ada juknisnya. Bukan kita memilih daerah, tapi jangan sampai nanti dibilang Krayan sudah ada bagunan tapi tidak diisi," pungkasnya.

Dia mengaku sudah hampir tiga tahun sudah berjuang untuk melobi ke pusat. Namun baru tahun ini, kata dia, pusat mau merubah juknisnya dan memberikan alkes.

"Kan, sudah ada juknisnya. Tapi, alhamdulilah, tahun ini pusat akhirnya mau merubah juknisnya dan memberikan alkes. Jadi, tak hanya di krayan namun rumah sakit pratama juga akan diberikan dengan syarat kita harus menyiapkan SDM. Mudahan tahun ini semua teralisasi alkesnya.(*)