Razia Kamar Hunian Lapas, Petugas Masih Temukan 10 Jenis Barang Terlarang

Razia Kamar Hunian Lapas, Petugas Masih Temukan 10 Jenis Barang Terlarang
Petugas Lapas Nunukan saat memeriksa seluruh barang di kamar hunian warga binaan.

NUNUKAN, info terkini - Upaya Lapas Nunukan untuk mencegah adanya barang-barang terlarang yang dimiliki warga binaan, masih terus dilakukan. Hal ini dilihat dari razia di kamar-kamar wargaa binaan Lapas Nunukan, Rabu (22/12/2021).

Razia di kamar hunian tepatnya di blok D, kamar 8, 10, dan 11 ini l dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa dan diikuti kepala KPLP Youga Supriyadi serta Plh Kasiminkamtib Machfudh.

Alhasil, ada 10 jenis barang terlarang yang berhasil diamanakan petugas. Diantaranya, 5 gunting kawat, 1 unit handphone android, 1 unit kepala kipas, 1 unit alat cukur, tiga botol kaca, dua silet, dua batrai hape, 3 gulung tali, serta satu headset. 

Kepala Lapas Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kembali kondisi di dalam Lapas Nunukan. Terlebih lagi, saat ini menjelang natal dan tahun baru, sehingga perlu dilakukan deteksi dini. 

"Kita memeriksa dan memastikan kembali Lapas Nunukan dalam keadaan kondusif dan aman jelang natal dan tahun baru," ujarnya. 

Pria yang baru dua hari lalu menjabat sebagai Kalapas Nunukan ini menegaskan sudah meminta kepada jajaran KPLP untuk meningkatkan kewaspadaan terkait keamanan dan ketertiban pada saat natal dan tahun baru di dalam Lapas Nunukan. 

"Razia ini adalah salah satu strategi keamanan yang sangat berpengaruh dan mencegah gangguan kamtib di Lapas Kelas IIB Nunukan," ungkapnya. 

Tujuan lain dari razia ini, kata dia untuk menciptakan kebersamaan dalam rangka transparansi dan akuntabilitas yang merujuk pada penguatan tugas dan fungsi keamanan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Sementara itu, Kepala KPLP Lapas Nunukan, Youga Sapryadi menegaskan akan terus komitmen dalam hal melakukan sidak atau razia kamar hunian yang sudah dilaksanakan secara rutin. "Ini untuk mewujudkan salah satu tujuan Pemasyarakatan Maju," tutupnya.(ITn)