Soal LKPj 2019, Ini Jawaban Pemkab Atas Pandangan Umum Fraksi

Soal LKPj 2019, Ini Jawaban Pemkab Atas Pandangan Umum Fraksi
Rapat Paripurna ke lima masa sidang ketiga tahun 2020 dengan agenda jawaban Pemkab Nunukan atas pandangan fraksi, Selasa (30/6/2020)

NUNUKAN - Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nunukan, M. Amin akhirnya memberikan jawaban atas pandangan umum sejumlah fraksi dalam sidang paripurna ke lima masa sidang ketiga tahun 2020, Selasa (30/6/2020) siang.

Dalam jawaban Pemkab Nunukan, Amin mengatakan sangat berterimakasih kepada fraksi-fraksi yang memberikan apresiasi kepada Pemkab atas raihan WTP selama lima berturut-turut. Namun begitu, dia mengatakan berbagai macam saran dan masukan akan menjadi catatan penting Pemkab dalam melakukan pembenahan.

"Pemerintah daerah akan berusaha melaksanakan pengelolaan keuangan secara tertib seperti transparan dan akuntabel. Begitu juga dengan realiasasi capai yang belum maksimal, kedepannya Pemkab akan lebih megotimalkan potensi penerimaan khusus pada sektor PAD," jelasnya saat menjawab pandangan fraksi Hanura.

Selanjutnya, untuk fraksi Demokrat yang mempertanyakan mengenai realisasi kegiatan yang telah selesai seratus persen namun dibayarkan hanya 40 persen, kata dia, hal itu dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara realisasi dengan alokasi anggaran. "Penyelesaian hutang akan tetap menjadi priortas pemkab Nunukan namun disesuaikan keuangan daerah," bebernya.

Begitu juga mengenai saran peningkatan Indeks Pembagunan Manusia (IPM). Menurut dia, IPM ini nantinya akan menjadi fokus pemkab Nunukan. "Untuk IPM, ada tiga indikator yang menjadi fokus Pemkab. Pertama, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Inilah yang menjadi penentu IPM," bebernya.

Mengenai sorotan fraksi yang mempertanyakan pembayaran hutang yang kegiatannya di tahun 2011 namun dibayar tahun 2019, kata dia, hal itu sudah sesuai dengan mekanisme pengakuan dan komitmen pembayaran.

"Begitu juga pelayanan kesehatan yang menjadi saran dan masukan fraksi lainhya. Seperti tentang pemamfaatkan rumah sakit Pratama di wilayah tiga akan diuapaykan secepatnya dioperasikan," bebernya.

Sementara itu, Ketua DPRD Nunukan Hj Leppa mengatakan dengan adanya jawaban pemerintah atas pandangan fraksi maka akan dilanjutkan ke pembahasan selanjutnya. "Nanti ada agenda selanjutnya. Kita berharap dapat berjalan efektif sehingga mendapat persetujuan bersama dengan tepat waktu," bebernya.(*)