Target Selesai Akhir Bulan, Program Pankesia Sudah Capai 97,7 Persen

Target Selesai Akhir Bulan, Program Pankesia Sudah Capai 97,7 Persen
Jubir Covid-19 Nunukan Aris Suyono (kiri) bersama Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nunukan Hasan Basri saat konference perss perkembangan Covid-19 di Nunukan.

NUNUKAN - Hingga Senin (22/6/2020) siang, program pantau kesehatan lansia (Pankesia) di kabupaten Nunukan sudah mencapai 97,7 persen atau sekitar 5.826 lansia yang sudah dikunjungi oleh Tim Gerak Cepat (TGC) di masing-masing puskesmas di Kabupaten Nunukan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Nunukan, Aris Suyono mengatakan dalam kunjungan itu memang ada beberapa puskemas yang masih dibawah 80 persen dan ada pula di atas 90 persen.

"Tapi, sudah banyak puskesmas yang selesai seratus persen. Sekarang targetnya sudah hampir 100 persen. Jadi, masih kurang 3,3 persen lah," terangnya saat konference perss, Senin (22/6/2020) siang.

Aris juga menegaskan untuk program pankesia ini akan diselesaikan pada satu minggu kedepan atau akhir bulan ini. Jika nantinya sudah selesai, pihaknya kembali melakukan langka selanjutnya kepada 6.086 lansia yang menjadi target kunjungan.

"Nanti, setelah selesai akan kita lanjutkan ke program selanjutnya. Yaitu membuat perlindungan kepada kelompok lansia yang akan berjalan dua atau tiga bulan kedepan," pungkasnya.

Kelompok ini, kata dia, nanti masuk dalam kategori lansia yang memiliki resiko tinggi seperti memiliki resiko penyakit jantung, diabetes dan sebagainya. "Tentunya, ini akan menjadi perhatian kita dan teman-teman TGC kedepanya. Karena, lansia ini rawan terhadap penyakit salah satunya Covid-19," jelasnya.

Dia menjelaskan progam pankesia ini merupakan salah satu upaya dan strategi untuk melakukan pendeteksian dini. Dalam kunjungan Pankesia, kata dia, TGC melakukan pendataan dan memberikan vitamin dan nemeriksa ketahanan tubuhnya.

"Jika lansia ini ada keluhan, mereka bisa menghubungi TGC melalui call center yang diberikan ke masing-masing lansia. Jika pun tidak ada keluhan, TGC akan tetap mengunjungi lansia tersebut untuk memastikan kesehatannya," tutupnya.(*)