Tes Urine, 100 Pegawai Honorer Satpol PP Nunukan Diperiksa BNN

Tes Urine, 100 Pegawai Honorer Satpol PP Nunukan Diperiksa BNN
Petugas BNNK Nunukan saat memeriksa urine milik pegawai honorer Satpol PP Nunukan, Senin (20/12/2021).

NUNUKAN, info terkini - Sebanyak 100 pegawai honorer Satpol PP Kabupaten Nunukan menjalani pemeriksaan tes urine pada Senin (20/12/2021) pagi. Tes urine ini merupakan upaya  mewujudkan lingkungan Pemerintah bersih narkoba.

Sekretaris Satpol PP Nunukan, Rohadiansyah mengungkapkan pemeriksaan tes urine dilingkup Satpol PP, memang merupakan agenda tahunan. Hal ini sebagai salah satu syarat bagi pegawai honorer untuk  perpanjangan kontrak kerjanya. 

"Jadi, memang benar-benar harus diseleksi. Karena, tes urine ini salah satu indikator sebagai pertimbangan perpanjangan kontrak kerja pegawai honorer. Makanya, kita bekerjasama dengan BNN," ujarnya. 

Dia menjelaskan setidaknya ada 100 pegawai Satpol PP yang menjalani pemeriksaan urine. Hasilnya, semua pegawai dinyatakan negatif. 

"Alhamdulillah hasil yang kami terima ini semua negatif, artinya memang teman-teman juga sudah mempunyai komitmen yang kuat untuk mencegah narkoba. Saya yakin bahwa seluruh personil juga punya komitmen yang kuat dalam menjalankan pekerjaan," bebernya. 

Sub Koordinator P2M, BNN Nunukan, Murjani Shalat SE mengatakan sebelum pemeriksaan urine, seluruh peserta mengisi formulir serta registrasi secara bergantian dan masing-masing memasuki toilet yang ada di Mako Satpol PP. 

Pengawasan secara ketat sesuai SOP diberlakukan dalam pengambilan sampel urine oleh petugas dari BNNK Nunukan.

Hingga jadwal waktu yang ditentukan yaitu pukul 11.00 WITA, seluruh peserta telah menyetor sampel urine kepada petugas. Total didapatkan 100 sampel urine, seluruh sampel dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba enam parameter. Dari hasil pengujian, 100 sampel urine dinyatakan negatif narkoba.

"Hasil semua sampel dinyatakan negatif narkoba. Nah, untuk personil Satpol PP yang di luar Nunukan seperti Sembakung, Lumbis dan sekitarnya juga akan dilakukan dalam minggu ini. Karena, pertimbangan jarak makanya tidak bersamaan dengan yang di Nunukan," bebernya.(ITn)