Tiba di Nunukan, 361 WNI Langsung Discreening

Tiba di Nunukan, 361 WNI Langsung Discreening
Petugas Imigrasi Nunukan saat mendata satu per satu WNI yang tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Rabu (24/6/2020).

NUNUKAN - Pemerintah Malaysia kembali memulangkan sebanyak 361 WNI melalui pelabuhan Tunon Taka Nunukan, Rabu (24/6/2020) sore. 

Mereka ini terdiri dari 134 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dideportasi dan 227 orang merupakan WNI yang tertahan di Malaysia akibat lockdown.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Nunukan, Aris Suyono mengatakan untuk deportan terdiri 117 orang laki-laki dewasa, 14 perempuan dewasa, 2 anak laki-laki dan satu anak perempuan.

Kemudian, 54 orang kasus ilegal, 18 orang kasus over stay, 57 orang kasus narkoba dan 5 orang kasus kriminal lainnya. Sementara ada 117 orang laki-laki dewasa, 14 perempuan dewasa, 2 anak laki-laki dan satu anak perempuan.

"Tetap diperiksa. Saat tiba,langsung mendapatkan penanganan screening mulai dari suhu tubuh, surat keterangan bebas Covid-19 hingga rapid tes," terangnya.

Jika nantinya dalam pemeriksan rapid tes menunjukan hasil reaktif maka terpaksa di bawa ke karantina untuk dijadwalkan pemeriksaan PCR. Sebaliknya, jika non reaktif mereka akan dibenarkan berangkat ke tujuan akhirnya.

"Semua rata-rata tujuan ke Sulawesi Selatan. Nah, kalau clear semuanya maka langsung diberangkatkan malam ini dengan kapal Thalia," ungkapnya.(*)