Tinjau Posko Banjir Sembakung, Asmin Laura Dampingi Mensos Tri Rismaharini

Tinjau Posko Banjir Sembakung, Asmin Laura Dampingi Mensos Tri Rismaharini
Mensos RI Risma (kiri) saat menyerahkan bantuan penanganan bencana alam di Kabupaten Nunukan kepada Bupati Nunukan (kanan)

NUNUKAN - Menteri sosial RI Tri Rismaharini berkunjung ke Desa Atap dalam rangka meninjau langsung posko bencana alam banjir yang dialami oleh warga Desa Atap. Selain itu, Risma juga turut berdialog bersama masyarakat yang terdampak banjir serta menyerahkan langsung bantuan untuk penanganan bencana alam di Kabupaten Nunukan yang bertempat di Desa Atap, Sembakung, Minggu (09/01).

Kunjungan ini turut dihadiri juga Gubernur Kalimantan Utara H. Zainal A. Paliwang yang didampingi Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Anggota DPR RI Deddy Yevry Hanteru Sitorus, wakil ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara Andi Muhammad Akbar serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Nunukan Muhammad Amin.

Banjir yang terjadi merupakan banjir tahunan yang hampir tiap tahun terjadi di wilayah Kabupaten Nunukan yang setahunnya dapat terjadi 2-3 kali. Namun kali ini banjir cukup besar sehingga berdampak terhadap 6 kecamatan, 79 desa, 3.179 rumah dan 3.753 KK serta 10.887 jiwa termasuk beberapa fasilitas umum yang terdampak banjir.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid melaporkan kepada Ibu menteri sosial dan Bapak gubernur terkait upaya-upaya pemerintah daerah Kabupaten Nunukan melalu pemerintah kecamatan seluruhnya telah diinstruksikan agar masyarakat diungsikan.

"Kita memberikan bantuan seperti sembako yang sudah berjalan kurang lebih satu minggu kita distribusikan kepada seluruh warga desa kita yang terdampak banjir", ucap Laura.

Melalui kedatangan menteri sosial, Laura berharap adanya perhatian terhadap daerah yang terdampak banjir sehingga dapat menyampaikan kepada bapak presiden kiranya masyarakat dapat dibantu dalam rangka pencegahan banjir di wilayah Kabupaten Nunukan. 

Dalam kesempatan itu, Risma ingin mendengar apa yang diinginkan oleh masyarakat sehingga dapat menyampaikan permasalahan-permasalahan yang dialami kepada bapak presiden. 

Setelah mendengar aspirasi dari masyarakat, Risma akan membantu apa yang telah menjadi kewenangannya dan dari apa yang telah disampaikan oleh masyarakat tidak semua menjadi kewenangan Risma.

Risma secara langsung menyampaikan akan membantu untuk air bersih, sesuai dengan kewenangannya dan mengirimkan petugas untuk melakukan survei untuk penyaluran air bersih.

Tidak hanya itu, Risma juga akan membantu menyiapkan 2 unit perahu serta BBMnya kepada tim Kampung Siaga Bencana dalam melakukan penanganan bencana banjir. (forkompim)