Tutup Jalur Tikus, Satgas 'Paksa' Pelintas Lewat Pos Pemeriksaan

Tutup Jalur Tikus, Satgas 'Paksa' Pelintas Lewat Pos Pemeriksaan
Satgas Pamtas Yonif 623/BWU saat memeriksa salah satu kendaraan yang melintas di pos pemeriksaan di Kecamatan Tulin Onsoi.

NUNUKAN - Satgas Pamtas Yonif 623/BWU tampaknya tak main-main dalam menjaga wilayah perbatasan untuk tetap aman. Hal itu dilihat dari pemeriksaan rutin kendaraan yang melintas di pos-pos perbatasan.

Seperti di Jalan Provinsi dan Jalan Setapak Desa Salang, Kecamatan Tulin Onsoi. Di jalan ini, semua kendaraan melintas diperiksa sesuai dengan prosedur yang ada.

Danpos Salang, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU, Letda Inf Edi Sukatman mengatakan jalan provinsi memang menjadi jalur strategis bagi pelintas yang dilalui warga kedua negara maupun dari negara lainnya.

"Pemeriksaan ini untuk menjaga stabilitas keamanan dan mengantisipasi pelintas batas tidak resmi atau melakukan aksi penyelundupan barang-barang. Pemeriksaan difokuskan pada identitas diri, dokumen kendaraan dan pelintas batas negara serta barang-barang yang dibawa oleh pengendara," terangnya, Selasa (23/6/2020).

Tak hanya itu, pihaknya mengaku terpaksa menutup beberapa akses yang diduga sebagai jalur tikus. Akhirnya, pengendara mau tidak mau harus melintas melalui pos pemeriksaan.

"Kita tutup, agar semua kendaraan yang melintas terpusat melewati pos pemeriksaan. Dan, jalur setiap hari akan kita pantau sehingga tidak ada celag bagi oknum tak bertanggungjawab masuk dengan ilegal," ungkapnya.

Lanjut dia, kegiatan rutin pemeriksaan kendaraan yang telah dilakukan ini merupakan suatu tugas pokok tambahan yang harus dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 623/BWU dalam mendukung tugas sebagai Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia di Kaltara.

"Jadi, pelintas  kendaraan yang melintas, baik dari Negara Indonesia maupun Negara Malaysia dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang berlaku yang dimulai dari depan, bawah, dalam, atas dan belakang kendaraan," ujarnya.

Sementara itu, Willi Nerson (56) salah seorang warga yang melintas di Jalan Provinsi memberikan aresiasi positif atas kegiatan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh personel Satgas Pamtas Yonif 623/BWU.

"Hal ini sangat baik dilakukan demi mencegah terjadinya penyeludupan barang-barang terlarang, dan untuk bapak TNI saya mengucapkan terima kasih," ucapnya.(*)