Wujudkan Ketahanan Pangan, Polres Nunukan Panen dan Tabur Ribuan Benih Ikan Tawar

Wujudkan Ketahanan Pangan, Polres Nunukan Panen dan Tabur Ribuan Benih Ikan Tawar
Polres Nunukan saat memanen ikan air tawar dan menabur ribuan benih ikan.

NUNUKAN - Upaya Polres Nunukan dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah hukummya memang patut diacungi jari jempol. Sebab, pada Kamis (9/7/2020) pagi, Polres Nunukan melakukan panen ikan tawar sekaligus kembali menebar benih ikan dan udang. 

Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Kapolres Nunukan, AKBP Syaiful Anwar yang diwakili Waka Polres Nunukan Kompol Imam Muhadi S, Sos,SH.MH. Selain itu, juga dihadiri para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira dan anggota Polres Nunukan.

Panen perdana ikan tawar jenis Nila dan Gurami, kata Imam, ada sebanyak 32 kg untuk ikan Gurami dan 85 kg ikan Nila dengan usia panen rata-rata tiga bulan. 

Setelah pemanenan ikan Gurami di Kolam ikan di jalan Sei Sembilan kelurahan Nunukan Timur Kabupaten Nunukan di lanjutkan dengan Penebaran bibit bibit ikan di wilayah  Tanjung harapan Kelurahan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan.

Adapun bibit ikan yang di tabur di kolam, ikan Nila sebanyam 2000 ekor, mujahir 2000 ekor, bandeng 20.000 ekor dan udang tambak 50.000 ekor.

Sementara itu, Kapolres Nunukan  AKBP Syaiful Anwar S.Ik mengatakan kegiatan ini merupakan program Polres Nunukan dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Nunukan. 

"Kita bekerjasama dengan dengan TNI melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa dan warga. Kita berupaya kembali menghidupkan Ketahanan Pangan yang kuat. Kita juga mengelola lahan masyarakat untuk dibudidayakan menjadi lahan yang pruduktif. Sehingga ketahanan pangan dapat menciptakan masyarakat yang produktif," tutur Syaiful.

Selain itu, dia juga mengintruksikan kepada jajarannya baik yang ada di Polres, Polsek dan Subsektor untuk memanfaatkan potensi lahan yang ada disekitar perkantoran untuk di manfaat menjadi lahan yang produktif

"Seperti membuat kolam ikan tawar, penanaman sayuran untuk konsumsi keluarga Polri maupun penanaman tanaman jangka pendek seperti jagung , singkong dan sebagainya dalam rangka Ketahanan pangan nasional," ungkapnya. 

Dalam moment ini pula, Polres Nunukan melalui Polsek Sebatik Barat, kembali membagikan sembako sebanyak 30 karung beras kepada masyarakat Desa Aji kuning, Kecamatan sebatik Tengah.

"Untuk pembagian sembako ini merupakan kepedulian Polres Nunukan kepada masyarakat di tengah masyarakat yang masih membutuhkan. Karena, dampak pandemi Covid-19 yang masih di rasakan di tingkat bawah," jelasnya. 

Syaiful juga mengaku kegiatan ini guna mendukung program Presiden, Pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat pemulihan ekonomi dalam memasuki tatanan hidup baru pasca Pandemi Covid-19.

"Kebijakan Pimpinan polri  dalam mendukung program pemerintah pusat dan Daerah yaitu Ketahanan Pangan Nasional bagi masyarakat pasca Pandemi Covid-19," jelasnya. 

Dengan dasar inilah, kata dia, pihaknya menindak lanjuti arahan untuk menghidupkan kegiatan ketahanan pangan seperti memelihara ikan tawar,  tanaman sayuran, penanaman padi, ternak domba dan lainya.(*)